KabupatenNewsPeristiwaRagam BeritaSukabumi

Sejak Siang Hingga Malam Air Belum Surut Banjir Melanda Ciemas Sukabumi

SUKABUMIHujan dengan intensitas tinggi hingga malam ini di sejumlah wilayah Kabupaten Sukabumi mengakibatkan longsor dan banjir.

Puluhan hektar areal sawah terancam gagal panen akibat rendaman air yang meluap dari jebolnya tanggul (TPT) Sungai di Kampung Purbasari Desa Mekarsakti Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat, Selasa (29/12/2020).

PLT Kabid Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman menjelaskan, data laporan yang diterima Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, jebolnya TPT Sungai terjadi pada pukul 13.15 WIB siang tadi.

Beberapa titik kerusakan terjadi di Kampung Cihaur, TPT Sungai Cihaur sepanjang 30 meter dengan tinggi 3 meter rusak berat, jebolnya TPT juga menimpa Sungai Purbasari dengan kerusakan sepanjang 20 meter dan tinggi TPT 2,5 meter.

Tidak hanya di dua Sungai, kerusakan juga terjadi pada TPT Sungai Kampung Pasir malang dan Sungai Kampung Cilandak.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan kerugian masih diperhitungkan.

Air meluap ke perumahan penduduk serta mengancam puluhan hektar lahan sawah gagal panen akibat tergerus arus air yang sangat deras dari jebolnya tanggul,” ungkap Eka Widiaman, Selasa (29/12/2020).

Ditempat terpisah Camat Ciemas, AG Sanjaya, menuturkan pihak-nya membutuhkan bantuan alat berat.

Camat Ciemas memastikan Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD dan instansi terkait lainnya guna melakukan penanggulangan bencana ini.

Disinggung penyebab lambatnya air surut, menurut AG Sanjaya air laut tengah pasang membuat aliran sungai terhambat.

“Sampai saat ini pukul 22.30 WIB air belum surut, akibat jebol tanggul sungai tersebut.

“imbasnya tidak hanya beberapa rumah warga yang terancam, puluhan hektar sawah juga terancam gagal panen,” kata AG Sanjaya di lokasi bencana.

Reporter : Indra Sopyan

Kata Kunci
Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close