KabupatenPeristiwaRagam BeritaSeputar Desa

Sambut 1 Muharram 1442 Hijrah, Ratusan Warga Desa Mekarasih Pawai Obor

SUKABUMI I Menyabut malam pergantian tahun Islam 1 Muharram 1442 Hijriah/2020, Ratusan warga padati ruas jalan desa ke desa di Kampung Padaasih, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kerumunan dengan pawai obor di satukan dengan lantunan sholawat dan takbir.

Salah satu Tokoh Pemuda setempat Wijokongko (33) mengatakan, ratusan warga dari berbagai kampung di Desa Mekarasih, dengan satu irama terun kejalan dengan pawai obor. Warga yang tumpah hanya mengcakup satu desa untuk berkeliling di lingkungan ruas jalan desa dengan meliputi belasan RT dan ke Rw an.

Kegiatan rutinan setiap 1 Muharam 1442 Hijrah, di gagas oleh organisasi kepemudaan setia tahunnya dan Kemeriahan pergantian tahun baru Islam ini sudah menjadi agenda tahunan dengan tanda khas pawai obor, adapun jarak jalan yang ditempuh sekitar 2_3 kilo meter,” kata Wijokongko.

Ditempat yang sama Ustad Anang (40) Tokoh Agama Desa Mekarasih menambahkan, perayaan menyambut Tahun Baru Islam ini tidak seperti tahun yang sebelum. Pasalnya, 1 Muharram 1442 Hijrah kali ini, kondisi sedang dilanda Pandemi Covid-19. Tentu kegiatan tersebut dengan mengedepankan Protokol Kesehatan.

“Alhamdulillah, meski ditengah Pandemi Covid-19 semangat warga untuk memberikan syukur kepada Allah SWT, tetap di laksanakan dengan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak saat berjalan dan mencuci tangan sebelum juga sesuai kegiatan,” kata dia.

Maka dari itu, Ia bersama warga kampung lainya berencana melangsungkan pawai obor untuk menyambut pergantian tahun Islam ini hanya keliling wilayah setempat, setelah sebelumnya melaksanakan do’a bersama di masing- masing Masjid Jami.

“Di bulan pertama dalam hitungan kalender Qomariyah ini terdapat anjuran amalan sunah, diantaranya adalah puasa dan memperbanyak sedekah. Bulan Muharam juga dikenal sebagai bulan bersejarah bagi nabi-nabi, diantaranya kemenangan Nabi Musa AS atas ditenggelamkannya Firaun dan bala tentaranya,” kata Ustad Anang kepada awak media, usai pawai obor kemerihan 1 Muharam 1442 Hijrah.(Red/Rd/Id)

Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close