Ekonomi dan BisnisNewsRagam BeritaSukabumi

Nelayan Palabuanratu Hasil Berlimpah ? Warga Kerumuni Ikan Koyo

Para Nelayan Palabuanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tengah merasakan keberkahan dari hasil musim tangkapan ikan Koyo yang berlimpah.

SUKABUMI I Pantauan dilokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dermaga Palabuanratu, mengalami keramaian pembeli yang datang dari masyarakat lokal maupun wisatawan, untuk berburu ikan Koyo yang mengalami peningkatan tangkapan yang berlimpah.

“Alhamdulillah, dibulan dan hari ini tangkapan kami berlimpah alias panen ikan koyo. Berkah dirasakan masyarakat nelayan seperti kami, setiap perahu nelayan bersandar di dermaga di pagi, sore bahkan malam, entah dari mana datangnya langsung ‘diserbu’ warga yang hendak membeli Ikan koyo,” aku Sandi (38) salah nelayan yang juga penjual ikan laut segar di TPI Palabuhanratu, Selasa (03/03/20).

Baca juga : Mayat Terkapar, Ditemukan Tersungkur di Sawah

Sandi mengaku, baru hari ini (Selasa), TPI Palabuanratu ramai dikerumuni warga yang berburu ikan jenis koyo, dimana hasil tanggakapan para nelayan secara menyeluruh sama dirasakan berlimpah dari waktu biasanya.

“Karna hasil tanggakapan sangat banyak, harga ikan koyo dijual lebih murah dari biasanya, yakni Rp 10-15 ribu/kg per kilogram. Kalau lagi musim paceklik ikan jenis ini biasanya dijual Rp Rp 20 ribu/kg, bahkan lebih mahal,” tutur Cepi pedang ikan lainya di TPI Palabuanratu.

hasil tangkapan ikan berlimpah Di pelabuhan ratu”

Harga ikan bisa naik atau turun, sebetulnya tergantung nego penjualan dan pembeli juga, harga ikan selalu berubah-ubah. Bisa saja saat perahu payang atau bagan bersandar dan dapat banyak ikan, harganya bisa lebih murah karena ikan melimpah.

“Karna hasil tanggakapan berlimpah, para nelayan ingin cepat terjual dan laris dengan cara harga tidak terlalu mahal. Tapi, satu jam kemudian bisa naik lagi harganya, apalagi saat pembeli mulai banyak untuk berburu jenis ikan tersebut,” beber dia.

Sementara itu Mang Alung (35) pengunjung asal Kecamatan Warungkiara, mendapatkan informasi nelayan Palabuanratu sedang berlimpah hasil tanggapan ikan koyo, Makanya, ia sengaja penasaran dan mampir ke TPI untuk membeli ikan jenis kayo yang harganya terjangkau alias murah.

“Saya tertarik membeli ikan saat musim tangkapan nelayan berlimpah, jenis ikan apa aja, asal berlimpah pasti harganya lebih murah dari biasanya. Saya, sengaja beli 5 kg buat dibakar dan dibagikan ke tetangga,” tandasnya.

Sementara itu, Yudha Sukmagara Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, mengaku ikut bahagia ketika hasil tanggapan masyarakat nelayan sangat berlimpah dan berkah bagi para nelayan maupun konsumen.

“Ini perlu disyukuri semua nelayan juga peminat iklan laut, dengan tangkapan ikan berlimpah masyarakat umum juga ikut merasakan berkahnya juga, harga bisa murah dan bisa membeli dengan jumlah banyak, untuk dikonsumsi maupun dibagikan sudara bahkan tetangga,” tandas dia.

Reporter : Rudi Samsidi*

Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close