KabupatenNewsPeristiwaSukabumi

Jalan Provinsi Kiaradua Palabuanratu Tertutup Matrial Longsor

SUKABUMI _ Akibat ruas jalan Provinsi tempatnya di Kampung Cimapag RT 018/012, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tertutup bongkahan material tanah longsor, akses mobilitas dari dua arah menuju Kiaradua_Palabuhanratu tersendat, Rabu, (23/12/2020).

Informasi yang dihimpun, kejadian longsor dari tebing di sisi kiri jalan terjadi sekitar pukul 15:00 WIB, setelah wilayah tersebut sebelumnya diguyur hujan sedang. Akibatnya, jalan tertutup bongkahan material tanah dan batu. Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Longsor susulan sempat terjadi, pada pukul 16: 00 WIB, ketebalan longsoran diperkirakan 5 meter, panjang longsoran 25 meter, sehingga kendaraan motor maupun mobil, otomatis tidak bisa melintas,” kata Tagana Kecamatan Simpenan Gigin Ginanjar.

Atas kejadian tersebut, petugas PB Kecamatan Simpenan langsung melakukan Assessment ke lokasi, dan berkoordinasi dengan Muspika Kecamatan, Babinsa, Babinmas Loji, Satpol PP Kecamatan, dan Kasi Kesos Kecamatan. Untuk mengevakuasi material longsoran yang menutupi jalan.

“Bongkahan longsor tidak mungkin cepat dibersihkan dari jalan, ini dibutuhkan bantuan alat berat dari dinas terkait. Mudah-mudahan cepat diterjunkan,” jelas Gigin Ginanjar.

Gigin menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang melintas menggunakan kendaraan agar meningkatkan kewaspadaan, saat melintas di sejumlah ruas yang rawan terjadi bencana longsor.

“Atas nama petugas TAGANA dan BPBD Kecamatan Simpenan, menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, khususnya pengguna jalan. Apalagi dicuaca penghujan yang kerap menguyur, membuat kontruksi tanah tebingan kerap terjadi longsor,” himbau Gigin.

Sementara itu, Bidang Alat Berat (Benglat) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Dani Sartoni mengatakan, pihaknya akan segera menerjunkan alat berat jenis Beko. Alat berat Beko akan disiagakan ditengah sering terjadi bencana longsor disejumlah daerah.

“Dinas kami (Benglat PU Kabupaten) disiagakan setiap waktu, guna membantu menanggulangi bencana longsor yang perlu diterjunkan alat berat,” tandas Dani.

 

Reporter : Indra Sopyan

Kata Kunci
Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close