EdukasiHukumRagam BeritaSukabumi

Antisipasi Ulah Geng Motor dan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja, Polsek Gunungguruh Gencar Patroli

SUKABUMI I Guna mengantisipasi kebrutalan geng motor dan peredaran penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, Polsek Gunungguruh Resort Polres Sukabumi Kota, terus intensif lakukan patroli hunting di wilayah Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Kapolsek Gunungguruh Iptu Yanto Sudiarto mengatakan, pihaknya bersama jajaran tak ingin kecolongan dengan hal yang kapan saja bisa terjadi akibat adanya ulah geng motor dan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja. Pasalnya, dua faktor tersebut bisa menimbulkan keresahan masyarakat dan rusaknya generasi muda penerus bangsa.

“Memang beberapa bulan lalu, sempat keberadaan geng motor di Sukabumi kerap melaksanakan ulah yang menganggu Kamtibmas. Tapi, sejak saya ditugaskan di Polsek Gunungguruh keadaan bisa dirasakan aman dan kondusif,” kata Iptu Yanto Sudiarto, saat disambangi di Markas Polsek Gunungguruh, Jalan Pajajaran II, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Rabu (19/08/20).

Patroli secara kontine, adalah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya, akibat sering kali remaja berkumpul dengan menyatakan satu grup, bisa memicu terjadinya gesekan antar geng motor yang berbeda-beda rival (Geng).

“Setiap hari siang maupun malam, tim kami terus melakukan pengawasan dengan menggunakan mobil patroli di wilayah Gunungguruh. Itu dilakukan untuk memerangi aksi geng motor dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Namun, semua itu bisa berjalan dan terkendali, kalo semua pihak ikut membantu dan memberikan informasi kepada pihak kepolisian ketika ada hal yang mencurigakan,” jelas Iptu Yanto.

Untuk memastikan wilayahnya aman, ia mengaku sulit untuk memberantas keresahan yang disebabkan keberadaan geng motor dan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja, kalo semua pihak tidak satu idiologi dan kepedulian terhadap keamanan lingkungan.

“Kami terus siaga danmerespons informasi apapun yang beredar untuk memastikan keamanan masyarakat. Jadi apapun info yang dinilai masyarakat bisa memicu keresahan, kita langsung tanggapi, turun kelapangan, untuk memastikan isu tersebut dengan cek dan ricek,” papar dia.

Polsek Gunungpuyuh Resort Polres Sukabumi Kota, akan sigap dan memperketat pengamanan dengan melakukan patroli pada siang dan malam hari, terutama pada Sabtu dan Minggu malam. Patroli dilakukan di lokasi rawan terjadinya kecelakaan dan tidak kejahatan.

“Hal ini bisa dicek, sejak ditugaskan disini semua anggota saya selalu siaga dan satu komando demi menjaga keamanan wilayah, patroli lebih diperketat pada Sabtu malam Minggu, Operasi skala sedang tingkat polsek dan skala besar di tingkat Polres Sukabumi Kota, semua itu dilakukan demi ketenteraman dan kenyamanan masyarakat,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi dan menetralisir potensi bentrokan, tawuran dan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja dan kawanan geng motor. Pihaknya, juga intensif melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat maupun tokoh agama. Polisi juga terus mengimbau kalangan masyarakat, termasuk ke komunitas motor dan organisasi kemasyarakatan.

“Jadi kalau ada peristiwa yang mencurigakan, warga maupun organisasi kemasyarakatan selalu saling memberikan informasi. Untuk itu, kami akan terus melakukan patroli untuk menjaga situasi tetap kondusif. Ya, operasi ini bukan hanya terkait geng motor, tetapi juga untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas lainnya dan semua harus dibantu masyarakat kita juga,” tandas Iptu Yanto.(Red/Rd)

 

Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close