EdukasiJabarKabupatenKomunitasKotaNasionalNewsPemerintahanSejarah

Ratusan kujang Diseminarkan, UU Tercengang !!!

Sukabumi,SNews.- Direktur Perlindungan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia  menjelaskan. Berdasarkan Undang – Undang RI Nomor 57 tahun 2017 menyebutkan.  Pemerintah  harus menghidupkan ekosistem  kebudayaan salah satu contoh yakni dengan adanya seminar kujang day di Musium Prabu siliwangi ini yang  melestarikan kujang.

“Bahan besinya dari mana empunya siapa, dipakai dimana dan juga ada tidaknya  ritul ritual serta kelengkapan bajunya  itu  semua harus hidup  dan bisa menjadi ekonomi kreatif,” bebernya saat ditengah seminar sabtu (7/3/2020)

Wakil Gubernur Jawa barat UU Ruzhanul Ulum mengatakan. Dirinya mengaku  terkagum kagum saat melihat dimusium  tersebut banyak tersimpan benda benda yang sangat  bersejarah. mulai dari artepak ,  keris, kujang tumbak dan hal tersebut menurutnya sangat luar biasa,”terangnya.

Baca Juga : Tanaman Kopi Dan Pisang Rusak, Puluhan Petani Penggrap Sukabumi Adukan Ke DPRD Sukabumi

Sedangkan menurut pemilik musium prabu siliwangi Profesor, DR .KH. Muhammad Fajar Laksana mengatakan.Seminar ini adalah untuk mempromosikan kujang yaitu  Road to show kujang,  dengan  mengawali pelaksanaan kujang day . Maka hari ini kita adakan  seminar dan pameran kujang mulai,  sejarawan, empu dan juga ahli perkujangan sampai dengan pihak pemerintah supaya kujang  agar menjadi warisan dunia .

“ Jumlah kujang yang tersimpan di museum tersebut mencapai 310 jenis termasuk naskahnya yang disebut  sekar  sunda, ini  perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah agar keberadaanya tidak punah kedepanya.

 

Reporter : Riyaman
Editor : Adi Kusuma

Kata Kunci
Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close