Gaya HidupLifeSehat

Wow !! Manfaat Daun Pegangan, Ternyata bisa Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Silver Tv – Manfaat daun pegagan untuk kesehatan bisa mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, daun pegagan ini juga berkhasiat baik untuk kecantikan. Daun pegagan atau Centella asiatica adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India.

Daun pegagan dapat mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berat. Beberapa manfaatnya telah terbukti secara ilmiah membantu mengobati penyakit tertentu. Kamu bisa menggunakan daun herbal ini sebagai alternatif pengobatan.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan menarik banyak ahli menelitinya lebih lanjut. Namun, penting untuk diingat bahwa meski alami, obat herbal tidaklah selalu aman. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sebelum berstatus kota, Sukabumi hanyalah dusun kecil bernama “Goenoeng Parang”

Berikut Silver Tv rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020) tentang manfaat daun pegagan

Melancarkan Aliran Darah dan Meredakan Kecemasan dan Stres

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat daun pegagan dalam melancarkan aliran darah ini diduga berasal dari kandungan triterpenes pada daun yang memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan kimia ini juga diketahui menstimulasi pembentukan kolagen serta glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

Daun pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menunjukkan pegagan bermanfaat dalam membantu pengobatan hipertensi vena.

Sebuah jurnal tinjauan sistematis menemukan bahwa Centella asiatica membantu mengurangi gejala-gejala insufisiensi vena. Gejala seperti nyeri, bengkak, dan keluhan kaki yang terasa berat diketahui dapat berkurang akibat penggunaan tanaman herbal ini.

Meredakan Kecemasan dan Stres

Penelitian yang dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan bahwa ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi.

Hal ini lagi-lagi terkiat dengan kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat daun pegagan tersebut adalah meredakan kecemasan dan stres.

Manfaat Daun Pegagan: Mempercepat Penyembuhan Luka dan Mengatasi Stretch Marks

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun pegagan yang satu ini sebenarnya sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Secara tradisional pegagan telah lama digunakan untuk mengobati luka ringan. Kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai triterpenoid berperan untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

Penelitian terbaru yang dilakukan pada April 2018 mengamati manfaat pegagan untuk mengurangi jaringan parut setelah operasi. Hasilnya, pasien yang minum ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Bahkan, kemunculan jaringan parut di area bekas sayatan operasi juga cenderung lebih sedikit.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam jurnal Medicine, seorang pasien yang mengalami luka bakar dan langsung mengoleskan salep ekstrak daun Centella asiatica atau pegagan pada daerah yang terluka mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Salep herbal ini juga membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

Mencegah dan Mengatasi Stretch Marks

Sebuah studi pada tahun 2013 menyebutkan bahwa manfaat daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Hal ini disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Selain membantu menyamarkan stretch marks yang sudah ada, senyawa tersebut juga membantu mencegah kemunculan stretch marks yang baru.

Manfaat Daun Pegagan: Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak dan Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

 

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menyebutkan bahwa manfaat daun pegagan dan asam folat sama-sama dapat meningkatkan fungsi otak. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa pegagan lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang setelah stroke dibanding asam folat.

Studi terpisah yang dilakukan pada tikus juga menemukan hal serupa. Meski dapat meningkatkan fungsi otak tikus usia muda dan tua, efek tersebut lebih optimal pada tikus yang lebih tua.

Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Centella asiatica memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi memori dan saraf. Peningkatan kedua fungsi itu memiliki potensi dalam membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

Bahkan, satu studi pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif untuk mengobati kelainan perilaku pada tikus yang yang terkena penyakit Alzheimer.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa manfaat daun pegagan mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan. Selain itu, tanaman ini juga dapat melindungi sel-sel di otak dari pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum minum obat herbal.

Mencegah Penuaan Dini dan Jerawat

 

Mengatasi Penuaan Dini

Salah satu manfaat daun pegagan adalah mampu menghambat penuaan pada kulit terutama wajah dan leher. Gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita.  Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam elastisitas kulit terutama wajah dan leher.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh.

Mengatasi Jerawat

Ketika kamu memiliki jerawat yang tengah aktif, menggunakan krim anti jerawat yang mengandung Centella Asiatica dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Selain itu, karena bekerja efektif dalam meningkatkan produksi kolagen, daun pegagan mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Peningkatan produksi kolagen dalam tubuh juga mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, A, B1 dan B2, niacin, carotene, dan antioksidan. (Red)

 

Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close