Info LainKabupatenNewsPeristiwaSeputar Desa

Longsor Tutupi akses jalan menuju dua desa

Jalan penghubung dua Desa, di Dusun Cipurut, RT 23/05, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tertutup material longsor.

SUKABUMI I Informasi yang dihimpun, bencana longsor yang terjadi pada Rabu (26/02/20), sekitar pukul 18.00 WIB. Faktor bencana longsor yang menutupi akses jalan menuju dua desa tersebut, akibat hujan deras mengguyur Selatan Sukabumi.

“Sedikitnya ada 6 titik longsor yang menutup jalan di Ciputat Simpenan. Alhamdulillah, kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja warga yang ada di Desa Cipurut menuju Desa Mekarasih tidak bisa melintas, baru bisa dilintasi sekitar pukul 13.30, dengan gotong-royong bersama relawan dan warga, bongkahan longsor dibersihkan dari jalan,” ungkap Unang Setiawan, Kepala Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan.

 

Dihubungi terpisah Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna, mengatakan, Kejadian bencana tersebut terjadi lantaran hujan dengan intensitas tinggi yang akhirnya mengakibatkan jalan penghubung dua desa tertutup longsoran.

Lihat Juga : Wow! Ada Lorong Bawah Tanah di Sukabumi

“Saat itu BPBD langsung terjun kelapangan, selain membersihkan longsoran dengan dibantu masyarakat, Koramil, Bhabinkamtibmas, Relawan, kami juga melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat maupun daerah, untuk melaporkan kejadian tersebut,” jelasnya.

Daeng menurunkan, material longsor dari tebing setinggi 20 yang menutup jalan desa di Kampung Pojok RT 23/05, Desa Cibuntu, merupakan penghubung satu-satunya bagi warga menuju Desa Mekarasih.

“Sejak malam hingga siang kemarin, warga langsung kordinasi untuk berupaya melakukan evakuasi material longsor, namun kesulitan karena alat yang digunakanpun seadanya. Material longsor, seperti lumpur bercampur batu, batang pohon besar dan pohon bambu sehingga, ahirnya evakuasi harus menggunakan alat berat,” tandasnya. (Rudi S)

Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close