EdukasiKomunitasPeristiwaSukabumi

Karang Taruna Desa Karanganyar Harus Bisa Jadi Aktor Pengembangan Pembangunan Daerah

SUKABUMI I Karang Taruna Peduli Lingkungan Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, resmi dikukuhkan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Camat Jampangkulon Yayan Mulya Suryana, Senin (24/08/20).

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengapresiasi keberadaan para anggota karang taruna muda yang masih peduli terhadap lingkungan. Apalagi, kata Marwan, karang taruna Desa Karanganyar bisa berinovasi membuat Rest Area yang representatif dan bermanfaat di sekitar Wisata Alam Puncak Buluh.

“Puncak Buluh ini memiliki potensi dari sisi manfaat untuk masyarakat sekitar, untuk itu harus terus dipelihara dan di jaga kelestariannya, mulai jaga ketersediaan air yang dimiliki untuk dikemudian hari. Jadikan pohon-pohon hijau di sekitar bisa dilihat sangat lebat dan sangat bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” kata Marwan Hamami.

Tak hanya itu, jelas Marwan, Karang Taruna Desa Karanganyar terbukti bisa mengembangkan potensi yang ada di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi. Seperti halnya, pengembangan di sektor pertanian, pariwisata, dan perikanan yang saat ini terus benahi.

“Sektor pertanian khususnya sangat berlimpah disini, sudah terbukti meski ditengah Pandemi Covid-19 melalui Karang Taruna bisa dibangkitkan,,” jelas Marwan.

Selain itu, Marwan terus menghimbau dan mengingatkan semua pihak untuk memperhatikan pentingnya penerapan Protokol Kesehatan di setiap aktivitas.
Hal tersebut, untuk meminimalisir pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Protokol Kesehatan yang harus diperhatikan seperti, menggunakan Masker untuk selalu dipakai ketika aktivitas maupun berkumpul, itu sesuai dengan moto “Masker Mu Menyelematkanku, Masker Ku Menyelamatkan Mu”. Cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, jaga jarak dan konsumsi makanan sehat,” himbau Marwan.

Camat Jampangkulon Yayan Mulya Suryana, mengakui bangga dengan prestasi dan inovasi para karang taruna, yang memiliki ide dalam pengembangan sektor pertanian, wisata dan perikanan di Desa Karanganyar.

“Terimakasih kepada Pemkab Sukabumi yang telah memberikan suport kepada para anggota karang taruna, mereka bisa peduli terhadap lingkungan dengan inisiatif dan kepedulian. Dengan adanya bantuan ribuan bibit ikan dan bibit pohon, ini bisa memicu semangat kepedulian terhadap lingkungan bagi para kaula muda (Karang Taruna) secara luas dan terus dipertahankan,” tandas Yayan. (Rls/Rd/Red*)

Lihat Selengkapnya

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close